MANAGEMENT
PERUBAHAN
Definisi
Perubahan
} Perubahan ialah
pergantian keadaan dari yang lama kepada yang baru. Perubahan ialah
perbedaan keadaan dari fase tertentu menuju fase yang lain. Tidak semua
perubahan itu baik, namun menuju hal yang lebih baik mesti harus ada perubahan.
Perubahan itu dilakukan dengan mentransformasikan beberapa elemen penting
dalam organisasi sehingga merubah cara, merubah cara berfikir orang, merubah
prosedur organisasi, bergantinya alat alat dan segala macam hal yang tujuannya
untuk merubah hasil kerja.
Perubahan
yang dimaksud dalam konteks ini ialah :
perubahan
yang dilakukan dengan sengaja, terstruktur dan dilakukan dari atas ke bawah dan
menyeluruh dalam sebuah organisasi.
Mata
kuliah ini mempelajari tentang teori dasar manajemen perubahan, faktor faktor
yang terkait dengan perubahan, kendala perubahan, contoh transformasi perubahan
MEKANISME PERUBAHAN
Case Study 1,
Buat ide perubahan ttg kondisi
disekitar anda, dengan urutan mekanismenya :
- Ide
Dasar
- Elemen
Yang dirubah
- Prosedur
/ Cara Perubahan
- Alat
/ Aturan yang dipakai
- Tujuan
yang ingin dicapai
SEKILAS MANAGEMENT PERUBAHAN
} Menurut Tim Creacev, Direktor
of Research and Development Prosci Research (2011)
} Manajemen perubahan adalah suatu
proses, alat dan teknik untuk mengelola orang-orang untuk berubah dalam rangka
mencapai tujuan bisnis yang telah ditentukan.
} Tujuan utama dari perubahan itu
adalah untuk meningkatkan kinerja organisasi dengan cara merubah bagaimana cara
mengerjakan pekerjaan yang lebih baik.
ISTILAH LAIN :
Manajemen transisi, mengelola
keadaan yang bersifat transisi dari kondisi lama menuju kondisi baru.
Manajemen inovasi, karena
pembaruan dari yang lama menuju yang
baru supaya lebih baik
TUJUAN
} Tujuan utama dari perubahan itu
adalah untuk meningkatkan kinerja organisasi dengan cara merubah bagaimana cara
mengerjakan pekerjaan yang lebih baik.
Jenis
Perubahan Dalam Organisasi
Mission changes (Perubahan Visi - Misi –
tujuan).
Perubahan
ini dimulai dengan perubahan visi
utama organisasi. Perubahan Visi
akan berimplikasi banyak pada tataran strategi dan teknis.
Strategic changes, (perubahan
strategi).
Perubahan
strategi menyangkut cara tertentu yang dipakai untuk menuju Visi organisasi.
Operational / structural
changes
(perubahan struktural dan tata cara pelaksanaan).
Perubahan
ini menyangkut penataan organisasi dan
susunan organisasi. Penataan organisasi
akan mengubah personel dan peralatan.
Technological changes
(Perubahan Teknologi). Teknologi semisal komputer, mesin, internet sangat
membantu memperlancar pekerjaan dalam rangka mencapai Visi
organisasi.
Attitudes and behaviors of
personnel changes (Merubah kebiasaan dan perilaku
orangnya).
Wilayah perilaku
menyangkut disiplin, cara mengisi waktu dan peningkatan kualitas kerja
sesorang.
Faktor
Kepemimpinan Dalam Membuat
Perubahan
} Dalam
dunia di luar perguruan tinggi, Mike Davis mengemukakan:
} Dalam
inovasi diperlukan inovator dalam organisasi. Dalam berinovasi, pimpinan bisa
menjadikan ide inovasi secara sistemik, menjelaskan secara runtut tujuan dan
langkah dan bagaimana proses perubahan
akan dilaksanakan dalam organisasi.
} Selanjutnya
Davis mengatakan bahwa pemimpin organisasi harus bisa
melihat kesempatan atau opportunity, harus bisa menangkap dan
menjelaskan kepada anggota organisasi untuk melakukan sesuatu yang baru,
sesuatu yang baru itu akan bermanfaat bagi kemajuan organisasi.
} Kepemimpinan
adalah sumber pendorong sekaligus pengarah perubahan. Kepemimpinan ini
selanjutnya kunci dari dimulai dan dilaksanakannya perubahan yang sistemik
dalam organisasi.
Hal Hal
Terkait Dengan Perubahan
q
Penyesuaian, adaptasi dengan keadaan baru di lingkungan
sekitar
q
Perbaikan proses, mengejar kemajuan
q
Mempertahankan diri dari kepunahan
q
Menghindari kekalahan dari persaingan
q
Menyongsong kemenangan yang lebih besar
q
Meletakkan
capaian positif sebagai ukuran keberhasilan
q
REFORMASI, TRANSFORMASI, ADAPTASI SEBAGAI BENTUK
PERUBAHAN
No comments:
Write comments