Sunday 13 November 2016

MANAJEMEN MODAL KERJA

MANAJEMEN MODAL KERJA

l  Modal kerja didefinisikan sebagai modal yang digunakan untuk membiayai  operasional perusahaan sehari-hari, terutama yang memiliki jangka waktu pendek.
l  Sedangkan Manajemen modal kerja merupakan suatu pengelolaan investasi perusahaan dalam aset jangka pendek.
l  Manajemen modal kerja merupakan manajemen aktiva lancar  dan pasiva lancar.
l  Manajemen modal kerja mempunyai beberapa bagian penting bagi koorporasi yaitu:
  1. Modal kerja menunjukkan ukuran besarnya investasi yang dilakukan koorporasi  dalam aktiva lancar dan klaim atas korporasi yang diwakili oleh utang lancar.
  2. Investasi dalam aktiva likuid, piutang, dan persediaan barang adalah sensitif terhadap tingkat produksi dan penjualan.
Pentingnya manajemen modal kerja
Manajemen modal kerja meliputi berbagai aspek yang sering dijadikan sebagai topik studi yang penting:
l  Hasil survei menunjukkan bahwa sebagian besar waktu manajer tersita untuk kegiatan operasi perusahaan dari hari ke hari, yang kurang lebih dapat diartikan sebagai manajemen modal kerja.
l  Lebih separuh dari jumlah aktiva perusahaan  merupakan aktiva lancar . Sebagai bagian investasi yang besar dan mudah diuangkan, aktiva lancar memerlukan perhatian yang seksama dari manajer keuangan.
l  Manajemen modal kerja  sangat penting bagi perusahaan kecil. Walaupun perusahaan kecil ini dapat mengurangi investasi aktiva tetapnya melalui sewa atau leasing peralatan dan mesin, mereka tidak dapat  menghindari kebutuhan kas, piutang, dan persediaan. Oleh karena itu, aktiva lancar sangat penting bagi perusahaan kecil.
l  Adanya hubungan langsung antara pertumbuhan penjualan dengan kebutuhan untuk membiayai aktiva lancar. Misalnya, jika periode penagihan rata-rata (average collection period) perusahaan adalah 40 hari dan penjualan kredit per hari mencapai Rp. 1.000.000 maka investasi pada piutang dagang adalah Rp. 40.000.000. Jika penjualan meningkat menjadi Rp. 2.000.000 per hari, maka investasi pada piutang dagang naik menjadi Rp. 80.000.000


No comments:
Write comments

Recommended Posts × +