Tuesday 25 October 2016

Proses Masuknya Islam Ke indonesia

SEJARAH PERKEMBANGAN DAN CARA PENYEBARAN ISLAM DI INDONESIA
PROSES MAUKNYA ISLAM DI INDONESIA

                Sejarah perkembangan islam di Indonesia dapat dipelajari dari dua sisi yaitu sisi masa datangnya Islam ke Nusantara dan awal Pembawa ajaran Islam kenusantara.Adapun penjelasana sebagai berikut:
Masa Masuknya Islam di Indonesia
                Dalam seminar sejarah masuknya Islam ke Indonesia yang berlangsung di medan pada tahun 1963 dan dikuatkan dengan seminar yang sama di banda acehpada tahun 1978,para sejarawan sepakat bahwa islam masuk ke Indonesia pada abad ke VII M dibawa langsung dari makkah. Dalam seminar tersebut menghasilkan 3 butir kesimpulan
·         Ajaran islam masuk ke Indonesia sejak abad 1 hijriah abad ke VII M.
·         Agama islam masuk ke Indonesia tidak melalui india,Tetapi langsung dai Makkah.
·         Mazhab Syafi’I adalah mazhab yang mewarnai islam di Indonesia.
Hasil seminar tersebut dengan tegas membantah pendapat yang menyatahkan bahwa agama islam masuk keindonesia pada abad ke VII M yang dibawah pdagang Gujarat India. Bukti bahwa agama islam masuk ke Indonesia pada abad ke VII M adalah:
·         Pada tahun 651 M(abad VII), Khalifah Usman bin Affan r.a. mengirim delegasi kecina untuk memperkenalkan daulahislamiyah yang belum lama berdiri. Para utusan sempat singgah ke pulau nusantara.beberapa tahun kemudian,tepatnya tahun 647 M, Dinasti Ummayah telah mendirikan pangkalan dagang di pantai barat nusantara.
·         Sir Thomas Arnold dalam bukunya THE preaching of Islam menyatakan bahwa pada tahun 648 M di pantai barat Sumatra telah terdapat perkampungan arab.
·         Berita cina dari dinasti tang yang menyebutkan adanya rencana serangan orang- orang Ta Cheh pada tahun 674 M terhadap kerajaan HoLing (kalingga) yang di perintah ratu sima.
Sebutan Ta Shih di tunjjukan untuk menyebut orang arab dan Persia.
·         Prof. Dr.Hamkah, didasarkan pada hikayat raja-raja pasai dalam sejarah melayu. Menurutnya orang yang bernama Syekh ismail yang berangkatdari makkah menuju samudra pasai bertemu dengan sultan Muhammad(salah seorang keturunan sayyidina Abu Bakar Shiddiq) di Malabar.keduanya berangkat menuju samudra pasai dan bertemu dengan meurah silu, yang setelah masuk islam mengganti namanya dengan malik Al-shaleh, gelar almalik adalah gelar yang digunakan raja-raja mesir.

·         Di Negara arab pada abad ke VII dan KeVIII M telah berkembang paham/Mazhab Syafi’i. orang- orang yang dating ke Indonesia untuk menyebarkan islam sebagian besar mazhab Syafi’I yang ber haluan ahlusunnah waljamaah.

No comments:
Write comments

Recommended Posts × +