Sunday 30 October 2016

PROSES LAHIRNYA NU

 PROSES LAHIRNYA NU





motif lahirnya NU ( Nahdlatul Ulama ). Urainnya sebagai berikut :



1.       Motif Agama


Kondisi nusantara sebelu NU dan organisasi – organisasi islam lainnya lahir dalam masa penjajahan colonial belanda. Pemerintah Hindia Belanda disamping mempunyai tujuan meguasai dan mengeruk kekayaan Nusantara , juga mempunyai misi Kristenisasi (kebijakan menasranikan rakyat Indonesia). sebagaimana dikatakan oleh Gubernur Jendral Belanda pada waktu itu, yakni A.W. F. Indenburg (1909-1016 M).
                 Dari kebjakan itu muncul tindakan nyata pemerintah hindia belanda, dengan memberikan bantuan secara besar-besaran kepada mis katolik dan zeding protestan. Bantuan pemertah hindia belanda tersebut diwujutkan dalam bentuk bangunan- bangunan sekolahan, santunan social, dan perhatian kesehatan masyarakat dengan mendirikan rumah sakit.
                 Dengan demikian para pemimpinumat islam/ para ulama merasa prihatin dan terpanggil untuk melawan penjajah belanda semakin keras kemauan pemerintah hindia belanda memberlakukan politik kristenisasi, semakin kuat pulalah semangat pemimpin umat islam/para ulama untuk melawanya,sejarah mencatat gerakan organisasi islam yang kemudian muncul adalah Nahdlatul ulama (NU) yang lahir disurabaya pada tahun 1926 M. tahun-tahun sebelumnya sudah mulai lahir organisasi islam diantaranya adalah Syariat islam di solo pada tahun 1905m, kemudian muncul muhammadiyah di Yogyakarta tahun 1912, dan al irsyadiyah pada tahun 1914 M, dijakarta, ada juga organisasi islam yang lahir setelah NU yakni : PERTI(pergerakan Tarbiyah Islamiyah), di bukit tinggi sumatera Barat tahun 1928 M dan Jam’iyyatul Washliyyah di medan tahun 1930.



No comments:
Write comments

Recommended Posts × +