Thursday 27 October 2016

KROMOSOM DAN DNA

KROMOSOM DAN DNA
Kode Kehidupan didalam Sel
                Setiap sel tubuh kita memiliki neukleus walaupun neukleus memiliki diameter berukuran bebrapa micron saja, mereka merupakan tempat untuk mekanisme dasar, seperti pembelahan sel dan pembentukan protein. Substansi yang bertanggung jawab untuk fenomena ini, deoxyribonucleic acid(DNA), merupakan molekul sangat panjang berbentuk helix yang terus bergerak . selama proses pembelahan sel, filament itu saling melingkari membentuk kromosomes.
                Molekul DNA unik karena dibentuk oleh duapita saling berhubungan melalui miliyaran ikatan. Urutan komponen itu membentuk kode yang mampu mengatur pembentukan macam-macam protein khusus serta memperbanyak dirinya.
                Sel manusia memiliki 46 kromosome , kecuali sel kelamin, yang anya bisa memiliki setengah jumlah itu. Kromosome tidak dapat dilihat, kecuali selama pembelahan sel. Pada saat itu, mereka membelah diri membentuk pasangan kromatid yang saling melekat untuk waktu yang singkat pda bagian tengah, sentromer.
Didalam Nukleus   
                Kecuali Pada sel darah merah , semua sel dalam tubuh memiliki nucleus. Beberapa, seperti sel otot, malah memiliki banyak.nukleus sel mengandung satu atau beberapa nucleoli dan filament kromati melayang dalam nekleoplasma. Kromatin, yang sering terlihat seperti rantai, dibentuk oleh molekul DNA yang panjang  di seputar protein yang dinamakan histones. Ketika sel membelah diri , filament ini melingkar membentuk spiral, menjadi padat, dan membentuk batang kecil yang khas, kromosome.
Stuktur Molekuler DNA
                DNA adalah polymer artinya, molekulnya terbentuk melalui pengelompokan dari banyak molekul lebih sederhana. Ia terlihat sebagai tangga melingkar yang sangat panjang dengan kedua tiang di hubungkan oleh miliaran anak tangga, masing-masing terdiri dari dua molekul sederhana, berikatan nitrogen. Hanya ada empat ikatan nitrogen yang berbeda pada DNA : adenine, thynine, cythosine, dan guanine. Molekul-molekul ini tidak saling mengikat secara acak , tetapi mengikuti aturan sesuai struktur molekulnya: adenine hanya dapat berikatan dengan thymine, dan chythosine hanya dengan guanine. Ikatan seperti ini dinamakan ikatan komplementer.
Warisan Genetik dan Keturunan
                Semua sel di tubuh seseorang merupakan hasil pembelahan satu sel awal, karena itu semua mengandung filament DNA yang tepat sama. Urutan basis unsur nitrogenous selalu berbeda antara seorang dengan yang lain: karena itu komposisi DNA setiap orang adalah Khas.
                Banyak warisan genetic berkaita dengan fakta bahwa kita termasuk ras manusia : semua manusia, misalnya, memiliki organ-organ yang sama. Akan tetapi, pertanda genetic lain yang lebih spesifik, (gambaran fisik, predisposisi terhadap penyakit tertentu) diteruskan kegenerasi berikut pada saat sel kelamin menyatu. Cara perpindahan seprti ini dinamakan herediter.  


2 comments:
Write comments

Recommended Posts × +